Cara Install Debian Dual Boot Dengan Windows 10

Cara Install Debian Dual Boot Dengan Windows 10

Bosan berkutat dengan Ubuntu terus-menerus, saya putuskan mencoba OS Linux Debian. Debian termasuk salah satu distribusi Linux tua, diperkenalkan pertama kali oleh Ian Murdock pada 16 Agustus 1993. Debian merupakan induk dari turunan-turunan terkenal seperti Knoppix, Ubuntu, Mint, dan distribusi asli Indonesia yaitu BlankOn.

Sebelum memulai, sebaiknya melakukan backup data pada harddisk sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan. Hal pertama yang dibutuhkan adalah partisi untuk Debian. Bisa dengan melakukan shrink dari partisi yang terdapat windows. Tapi jika ada partisi atau harddisk yang kosong, bisa langsung menggunakan itu.

  1. Masuk ke Control Panel – Disk Management. Pilih partisi yang akan di-shrink, klik kanan – Shrink Volume. Tentukan kapasitasnya misalkan 20GB. Restart komputer lalu boot melalui USB/DVD Installer Debian.

2. Pilih Graphical Debian Installer. Lalu pilih bahasa, lokasi, dan konfigurasi keyboard.

3. Masukan hostname dan domain. Sebagai contoh hostname-nya debian dan domain-nya dikosongkan karena tidak bergabung ke domain dan hanya pengguna rumahan.

4. Masukan password untuk root dan user.

5. Tentukan timezone.

6. Saatnya membuat partisi untuk Debian. Pilih manual agar bisa di-custom pengaturannya. Pilih partisi yang telah kita siapkan tadi dengan cara double klik FREE SPACE.

7. Pilih Create a new partition. Partisi ini akan dialokasikan untuk swap sehingga 1GB saja sudah cukup. Pilih logical, beginning, use as Ext4 journaling file system, swap area, dan done setting up the partition.

8. Untuk partition sisanya, kembali double klik pada FREE SPACE,  dan kali ini pilih Automatically partition the free space. Lalu Finish partitioning and write changes to disk. Periksa kembali pengaturan partisi dan pilih Yes jika ada permintaan konfirmasi.

9. Untuk menjaga system tetap uptodate tentukan package manager.  Pilih lokasi yang terdekat dengan anda.

10. Karena telah terinstal Windows sebelumnya, maka pilih Yes saat ditawarkan install GRUB. Pilih juga lokasi instalasi GRUB.

11. Setelah ini proses instalasi akan berlanjut hingga selesai. Ditandai dengan proses restart komputer secara otomatis.

12. Jika berhasil maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Pilihlah Debian jika akan login ke Debian, pilih Windows 10 jika akan login ke Windows 10.

Selamat mencoba!

Diterjemahkan dari : How to dual boot Windows 10 and Debian 9.1 2017

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *