Pindah Blog (lagi, lagi, dan lagi)

Pindah Blog (lagi, lagi, dan lagi)

Kalau dihitung-hitung, ini kelima kalinya bikin blog.

Pertama [2008-2009] Saat SMA sempat bikin karena tuntutan tugas TIK. Zaman-zamannya blogspot dan wordpress belum terkenal. Tapi lupa alamatnya apa. Mungkin sudah non aktif karena jarang dibuka. Bahkan kontennya juga ga dibackup.

Kedua [2009-2010] Kali ini blog untuk tugas Aplikasi IT di kuliah. Alamatnya https://ri3fky.wordpress.com/ Blog ini ga terlalu lama digunakan karena ada migrasi ke domain pribadi untuk praktek di akhir masa kuliah. Mulai saat itu konten dalam blog mulai dibackup sampai sekarang.

Ketiga [2010-2012] Blog ketiga beralamat http://rifkyeffendy.web.id/ dengan domain pribadi. Blog ini trafiknya lumayan karena saya banyak nulis artikel. Banyak ngoprek HP dan komputer. Banyak tips and trik yang berguna.

Keempat [2012-2018] Berhubung blog sebelumnya tidak diperpanjang karena lemot dan pelayanan hosting yang tidak memuaskan, saya kembali membuat blog dengan alamat https://rifukii.wordpress.com. Ini blog terlama yang saya pakai tapi menjadi yang paling sepi pengunjung karena sangat jarang posting artikel. Saya mulai sibuk kerja.

Kelima [2018- ?] Mengurus blog dengan domain gratisan ternyata tidak se-greget domain pribadi. Kita tidak punya akses penuh pada source code. Kita hanya menerima jadi, tanpa tahu proses di belakangnya. Agar ilmu kuliah tidak beku, saya putuskan menyewa lagi domain & hosting dengan alamat rifuki.com. Ini blog kelima yang saya buat dan mudah-mudahan menjadi yang terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *