Akses Server Linux Lewat Windows dengan XMING

Akses Server Linux Lewat Windows dengan XMING

XMING adalah software yang mengimplementasikan X Server pada sistem operasi Windows. Dengan XMING Kita dapat mengakses X Server dari komputer lain dengan jalur SSH. Untuk mengakses SSH, XMING memerlukan software lain yang berperan sebagai alat untuk melakukan transfer data pada jalur SSH, seperti Putty misalnya. XMING berlisensi GPL (GNU General Public License) sehingga bebas untuk digunakan, dimodifikasi dan disebarkan.

Instalasi

Berikut adalah beberapa tahap untuk melakukan instalasi XMING pada komputer (dengan OS Windows) Kita:

  1. Download XMING di: http://sourceforge.net/projects/xming/files/
  2. Download PuTTY di: http://www.ohloh.net/p/putty
  3. Install XMING dan Lakukan Konfigurasi (Jalankan file Xming-x-x-x-xx-setup.exe )
Konfigurasi
  1. Jalankan XLaunch pada Start Menu
  2. Pilih salah satu tipe display ( Multiple windows, Fullscreen, One Window, atau One Window without titlebar) lalu klik next.
  3. Pada wizard page ke 2, pilih Start a Program lalu klik next.
  4. Pada wizard pake ke 3, Kita akan diminta untuk menjalankan program. Masukan nama program yang ingin dijalankan, misalnya: xterm, gnome-terminal, gnome-session, dsb. Pada kategori Run Remote pilih Using PuTTY (plink.exe), lalu isi alamat komputer, username dan passwordnya. lalu klik next
  5. Pada wizard ke 4 kita dapat langsung mengklik next.
  6. Pada wizard ke 5, kita dapat menyimpan konfigurasi yang telah kita buat, sehingga untuk melakukan akses remote yang sama, kita tinggal membuka file tersebut. Klik Finish memulai koneksi.

0 Replies to “Akses Server Linux Lewat Windows dengan XMING”

  1. terimakasih utk artikelnya, mas saya ada problem setelah install xming, yaitu pada pilihan program (point 4) yang muncul hanyalah xming saja. Informasi lainnya saya menggunakan putty portabel. Ada saran mas spy yg muncul tidak hanya xterm saja, sehingga saya bisa menjalankan desktop pada remote linux?
    terimakasih utk bantuannya
    di2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *