Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine

5.1 Definisi Search Engine

Search engine adalah suatu situs utama yang berfungsi sebagai mesin pencari dan pelacak informasi berdasarkan suatu syarat tertentu. Di internet terdapat banyak search engine yang dapat digunakan untuk mencari informasi antara lain yahoo.com, google.com, altavista.com, Ask Jeeves.com, AllTheWeb.com, Metacrawler.com dan sebagainya.

5.2 Fungsi Search Engine

Adapun fungsi dari search engine adalah untuk mempermudah pencarian data atau pemnelusuran informasi yang berada di internet. Dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan maka search engine akan mencari seluruh data atau informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

5.3 Penggunakan Search Engine

Secara garis besar penggunaan search engine adalah sama, yaitu dengan memasukkan kata kunci yang akan dicari, kemudian tekan tombol search, find atau cari untuk memuali proses pencarian. Beberapa search engine bahkan sudah memisahkan beberapa kategori pencarian seperti untuk mencari image (gambar), audio, video dan sebagainya sehingga akan lebih memudahkan pengguna dalam pencariannya. Terdapat pula beberapa karakter yang dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses pencarian yaitu tanda tambah (+) dan koma (,).

Adapun hasil yang diperoleh adalah berupa alamat-alamat website yang memiliki hubungan dengan kata kunci yang diberikan.

Untuk mencari file-file tertentu, dapat langsung dengan memberikan tambahan ekstensi dari file tersebut misal save my soul.mp3, abstract.pdf dan sebagainya, atau dapat menggunakan kategori yang sudah disediakan oleh search engine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *