Pengertian Electronic Mail (E-mail)

Pengertian Electronic Mail (E-mail)

4.1 Definisi Electronic Mail (e-mail)

Electronic mail (email) merupakan jenis layanan internet yang paling popular, yaitu layanan surat elektronik yang dapat digunakan untuk mengrim atau menjawab, mengirimkan file sebagai bagian dari berita email dan berlangganan berita kepada grup diskusi yang diminati (mailing list) Dengan menggunakan Email komunikasi akan lebih mudah dilakukan tanpa ada batasan wilayah dan waktu.

Untuk mendapatkan email, seseorang harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke suatu portal yang menyediakan layanan email. Terdapat 2 jenis email yang dikenal yaitu yang sifatnya gratis dan ada juga yang harus membayar, biasanya yang membedakan keduanya adalah dari kapasistas serta utility-utility yang dimilikinya. Namun apabila hanya ingin sekedar berkirim atau menerima email saja, kita cukup mendaftar ke email gratis saja.

Beberapa portal yang menyediakan layanan email gratis antara lain adalah yahoo.com, popmail.com, lycos.com, bolehmail.com, plasa.net dan sebagainya. Khusus unutk mahasiswa UNIKOM, UNIKOM telah menyediakan portal khusus untuk mahasiswa yang ingin mendapat email gratis yaitu dengan mengakses ke http;//mahasiswa.unikom.ac.id.

4.2 Membuat E-mail Gratis

sebagai contoh, kita akan membuat sebuah email yang berada di portal mahasiswa.unikom.ac.id

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ;

  1. Buka Internet Explorer, masuk ke alamat http://mahasiswa.unikom.ac.id
  2. Pilih menu daftar.

Isi dengan data-data anda, seperti Username/ID, Password, Nama Lengkap, Alamat Lengkap, telephone, Jenis kelamin, tempat tanggal lahir, Kata pengingat, email, NIM (wajib diisi), fasilitas akses, telah mengisi dengan benar, langkah terakhir kirim formulir ini.

4.3 Penggunaan E-Mail

Setalah melakukan registrasi/pendaftaran maka kita akan mendapatkan sebuah account email, untuk mahasiswa unikom akan mendapat sebuah email seperti berikut :

Userid.mahasiswa.unikom.ac.id sebagai contoh genaro.mahasiswa.unikom.ac.id

Untuk dapat menggunakan email tersebut, mahasiswa harus login terlebih dahulu dengan mengisikan user id, password dan security code. Untuk mengirim email, klik tulis email.

Isi bagian To dengan alamat yang akan dituju, Subjek judul email, ketik isi emailnya. Setelah itu klik kirim email hingga muncul jendela.

 

Adapun menu-menu lain yang biasa digunakan adalah Kotak Surat (inbox) digunakan untuk melihat/mengecek email-email yang masuk, Buku Alamat digunakan untuk mendaftarkan alamat-alamat email. Hapus untuk menghapus email, spam untuk memandai email yang terkena spam, download untuk mendownload email supaya dapat dibaca secara offline, pindahkan untuk memindahkan email kesuatu folder tertentu.

Tugas

Buat email di yahoo atau di popmail atau di lycos. Secara garis besar cara pembuatan email adalah sama, pertama harus mendaftar lerlebih dahulu (sign up), setelah mendaftar maka akan mendapatkan email, kemudian login untuk dapat menggunakan email tersebut.

Kirim suatu email yang berisi nim, kelas anda ke irawan@unikom.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *