Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser

2.1 Definisi Web Browser

Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web (website) yang berada di internet. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut :

website

:

Halaman-halaman web yang saling terhubung dalam suatu website

homepage

:

Halaman awal ketika suatu situs dimunculkan, biasanya juga sebagai penghubung ke website-website yang lain

URL

:

Alamat unik pada suatu halaman web, yang digunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke komputer yang mengaksesnya

www

:

Kumpulan dari dokumen-dokumen elektronik yang kemudian disebut web diap dokumen tersebut dinamakan web page

Portal

:

Website yang menyediakan berbagai jenis layanan misal pencarian, olahraga, hiburan dsb

Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website. 3 jenis web browser yang sering dipakai adalah :

1. Internet Explorer

2. Netscape

3. Mozilla

2.2 Fungsi Web Browser

fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet, selain itu kita dapat menyimpan website terbut dan dapat kita panggil lagi kemudian (bookmark), website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi didalamnya dapat kita ambil.

2.3 Internet Explorer

Microsoft Internet Explorer, merupakan software yang built-in dengan sistem operasi Windows.Versi dari Internet Explorer berbeda-beda sesuai dengan sistem operasi windows yang digunakan (IE 4.0 untuk Windows 98/Me, IE 5/6 untuk Windows XP) Untuk memulai Internet Explorer dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. pilih program internet explorer dapat melalui start atau melalui icon internet explorer desktop windows.
  2. lakukan koneksi ke internet terlebih dahulu, bila diperlukan.
  3. Ketik alamat website yang akan dituju, jika koneksi berjalan maka website akan ditampilkan

 

Untuk membuka suatu website terdapat 2 cara yang dapat dilakukan yaitu, dengan memilih menu File, kemudian masukkan alamat website yang diinginkan. Misal http://www.unikom.ac.id kemudian tekan tombol ok atau enter, maka akan dimunculkan website tersebut.

Cara kedua adalah dengan memasukkan langsung alamat websitenya ke kotak address yang terdapat di jendela internet explorer.

Tombol-tombol lain yang biasa digunakan adalah tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya, tombol forward ke halaman berikutnya. Tombol stop untuk menghentikan proses loading website, tombol refresh digunakan untuk mengulang loading website.

Untuk menyimpan website yang sedang dibuka dapat dilakukan dengan memilih menu file, kemudian Save As. Sedang untuk menyimpan gambar pada website adalah dengan cara menekan tombol kanan mouse pada gambar yang diinginkan kemudian pilih Save As Picture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.